• Banyak alasan untuk percaya masa depan akan lebih baik. Fight!

    Input Device


    Input adalah data atau instruksi yang digunakan oleh komputer. Sedangkan input device adalah unit luar yang digunakan untuk memasukkan data dari luar ke dalam mikroprosesor dengan cara mentranslate kata, gambar atau tindakan yang dimengerti oleh manusia kedalam bentuk yang bisa diproses komputer lebih lanjut. Device-device ini adalah sebagai berikut :

    § Keyboard
    Keyboard adalah peranti untuk mengetik atau memasukkan
    huruf, angka, atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer. Jenis-jenis keyboard adalah tradisional, fleksibel, ergonomis, wireless, PDA. Keyboard terdiri atas tombol-tombol berbentuk kotak dengan huruf, angka, atau simbol yang tercetak di atasnya. Dalam beberapa sistem operasi, apabila dua tombol ditekan secara bersamaan, maka akan memunculkan fungsi khusus atau pintasan yang telah diatur sebelumnya. Ada berbagai jenis tata letak tombol pada papan ketik. Akan tetapi, yang paling populer dan umum digunakan adalah tata letak QWERTY, meniru sistem tata letak mesin ketik. Papan ketik tipe baru biasanya mempunyai tombol tambahan di atas tombol fungsi (F1, F2, dst.) untuk mempermudah pengguna dalam mengoperasikan komputer. Selain itu, papan ketik baru juga sudah banyak yang mendukung teknologi nirkabel.

    § Pointing Device
    o Mouse
    Mouse Terdiri dari beberapa jenis, yaitu Mechanical mouse, Optical mouse dan cordless (wireless) mouse. Bentuk mouse yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Walaupun demikian,
    komputer-komputer berbasis Macintosh biasanya menggunakan mouse satu tombol. Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Mouse yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth. Saat ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan mouse memakai sistem laser sehingga resolusinya dapat mencapai 2.000 titik per inci (dpi), bahkan ada yang bisa mencapai 4.800 titik per inci. Biasanya mouse semacam ini diperuntukkan bagi penggemar permainan video.
    o Trackball (roller ball)
    Trackball adalah
    alat penunjuk yang berupa sebuah bola yang berada di dalam sebuah alat yang memiliki sensor gerakan. Trackball umumnya terdapat pada mouse modern. Trackball mensimulasikan pergerakan vertikal mouse, sehingga pengguna tidak perlu menggerakkan tetikus berulang kali untuk dapat menaikkan/menurunkan layar.
    o Touch Surface (touchpad)
    Salah satu unit masukkan, touchpad biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse.
    o Pointing Stick
    o Joystick
    Joystick biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
    o Touch screen
    o Light Pen
    Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan mendesign gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
    o Stylus
    Stylus memiliki tingkat sensitivitas terhadap tekanan terhadap tablet grafis yang beragam. Pada tablet yang murah hanya mampu menerima 256
    level tekanan, sementara tablet normal 512 level, dan tablet profesional mampu menangkap 1024 level tekanan. Kebanyakan stylus terdiri dari minimal satu buah tombol, dan umumnya dua, hampir sama halnya dengan fungsi mouse.

    § Scanning Device
    Pemindai atau scanner merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam
    komputer sebagai data digital. Terdapat beberapa jenis pemindai bergantung pada kegunaan dan cara kerjanya, antara lain:
    - pemindai gambar
    - pemindai
    barcode
    - pemindai
    sinar-X
    - pemindai
    cek
    - pemindai
    logam
    - pemindai
    Optical Mark Reader (OMR)

    § Image Capturing Device
    o Digital Camera
    o Digital Video Camera (web camera) adalah sebutan bagi
    kamera real-time (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui World Wide Web, program instant messaging, atau aplikasi video call. Istilah "webcam" juga merujuk kepada jenis kamera yang digunakan untuk keperluan ini

    § Digitising Device
    o Graphic table adalah perangkat keras (
    hardware) atau input device komputer yang membolehkan pemakainya untuk menggambar dengan tangan dan memasukkan gambar atau sketsa langsung ke komputer, layaknya menggambar di atas kertas menggunakan pensil.
    o Digital Notebook

    § Audio Input-Device
    Audio input dapat mengambil banyak bentuk termasuk suara dan musik. Audio input device mengubah suara menjadi bentuk yang dapat diproses oleh sistem komputer.

    § Assistive Input Device
    o Alternatif keyboard
    - Large print keyboard
    - Braile keyboard
    - One handed keyboard
    o Alternatif mouse
    o Motion Capture device
    o Communication aids





    0 comments:

    Post a Comment

    Salam blogger...

     

    Blog Status

    Free Hit Counter
    HTML Counter
    free counters

    Followers