• Banyak alasan untuk percaya masa depan akan lebih baik. Fight!

    Kaskus mencapai 15 juta pageview per harinya



    Kaskus, forum diskusi online yang lahir 10 tahun lalu, dibesut oleh tiga pemuda asal Indonesia yang sedang melanjutkan studi di Seattle, AS. Kini komunitas tersebut telah menjadi ‘raksasa’. Bagaimana tidak, kini Kaskus menjadi website lokal terbaik versi Alexa dengan kurang lebih 15 juta pageview per harinya.

    Hal itu diamini Andrew Darwis, pendiri, CTO, sekaligus administrator Kaskus, di sela bincang-bincang dengan VIVAnews di Jakarta, 29 Oktober 2009. “Sekarang ini, kita bisa mendapat 15 juta page views per hari. Sementara untuk unique visitor, bisa mencapai 4,9 juta per bulannya,” ucapnya.

    Andrew menuturkan, trafik Kaskus tercatat meningkat 10-20 persen tiap bulannya. “Kalau dibandingkan tahun lalu, tumbuhnya bisa hampir 400 persen alias lima kali lipat,” kata Andrew.

    Tentu saja, Andrew sebagai salah satu pendirinya, tidak rela anggota forum diskusinya kecewa karena pertumbuhan pesat trafik Kaskus tidak dibarengi infrastruktur yang mumpuni. Karena itu, beberapa minggu lalu, Andrew beserta timnya memesan empat webserver baru untuk mempercepat akses halaman Kaskus.

    “Traffic kita meningkat sangat pesat. Jadi, sekarang ini kita dikejar-kejar sama traffik. Harus bergerak cepat supaya performa server Kaskus tetap terjaga. Makanya, kita pesan server dari jauh-jauh hari,” ucap Andrew yang akrab disapa 'mimin' di dalam forumnya.

    Menurut data yang dikoleksi VIVAnews, Kaskus, yang merupakan singkatan dari Kasak Kusuk, kini beranggotakan lebih dari 1 juta member, yang tak hanya berdomisili dari Indonesia, tetapi juga negara-negara lain.

    Saat ini, setidak-tidaknya Kaskus dimampiri oleh 600.000 orang yang menghasilkan 15 juta page view tersebut.

    Sumber : VIVAnews.com

    2 comments:

    1. da foolow bro..tukar bner? bner da pasang

      ReplyDelete
    2. Wah wah wah... coba aja webku pengunjungnya segitu... hehehhe. Amin...

      ReplyDelete

    Salam blogger...

     

    Blog Status

    Free Hit Counter
    HTML Counter
    free counters

    Followers