• Banyak alasan untuk percaya masa depan akan lebih baik. Fight!

    Bangga Indonesia - Kompetisi Website Kompas MuDA - KFC


    Wah Kompetisi Website Kompas MuDA - KFC kembali digelar, telat ga ya? itulah pemikiran yang langsung terlintas dalam pikiran. Sebagai seorang pemula dalam dunia blogger, saya sangat menantikan ajang seperti ini, selain untuk menambah teman juga sangat baik untuk menambah pengalaman. Awalnya saya memang ragu, karena saya belum pernah mengikuti kompetisi sejenis sebelumnya. Tapi kapan lagi ada moment bagus seperti ini. Akhirnya dengan sebuah spirit untuk maju saya memberanikan diri untuk mendaftar terlebih tema yang diangkat, " Bangga Indonesia ", sungguh membangkitkan jiwa nasionalisme.

    Saya sendiri mengenal Kompetisi Website Kompas MuDA - KFC ini dari seorang teman, ketika dia mengikuti kompetisi ini tahun yang lalu. Hmm, berarti kompetisi ini telah diadakan berulang kali. Ya, ini menambah keyakinan saya untuk mengikuti Kompetisi Website Kompas MuDA - KFC ini.

    Sesuai dengan tema, saya akan membicarakan tentang Bangga Indonesia. Wah topik yang sangat luas menurut saya. Hal ini sangat beralasan, karena banyak sekali sesuatu yang bisa dibanggakan dari bangsa Indonesia, mulai dari masyarakatnya, budayanya, keragamannya dan lain sebagainya. Langsung saja ahh, mari kita bangkitkan rasa nasionalisme dan kebanggan kita terhadap bangsa Indonesia.

    Bangga ga sih, Republik Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau, jumlah ini termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni.

    Bangga ga sih, Di Indonesia ada 3 dari 6 pulau terbesar didunia, yang pertama Kalimantan, pulau terbesar ketiga di dunia dengan luas 539.460 km2, Sumatera dengan luas 473.606 km2 dan Papua dengan luas 421.981 km2.

    Bangga ga sih, Indonesia adalah Negara maritim terbesar di dunia dengan perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% panjang pantai di dunia.

    Bangga ga sih, Pulau Jawa adalah pulau terpadat di dunia dimana sekitar 60% hampir penduduk Indonesia (sekitar 130 jt jiwa) tinggal di pulau yang luasnya hanya 7% dari seluruh wilayah RI.

    Bangga ga sih, Indonesia merupakan Negara dengan suku bangsa yang terbanyak di dunia. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa/etnis, dimana di Papua saja terdapat 270 suku.

    Bangga ga sih, Indonesia adalah Negara dengan bahasa daerah yang terbanyak, yaitu, 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesia . Bahasa nasional adalah bahasa Indonesia walaupun bahasa daerah dengan jumlah pemakai terbanyak di Indonesia adalah bahasa Jawa.

    Bangga ga sih, Indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia. Jumlah pemeluk agama Islam di Indonesia sekitar 216 juta jiwa atau 88% dari penduduk Indonesia . Juga memiliki jumlah masjid terbanyak dan Negara asal jamaah haji terbesar di dunia.

    Bangga ga sih, Indonesia memiliki monumen Budha (candi) terbesar di dunia adalah Candi Borobudur di Jawa Tengah dengan tinggi 42 meter (10 tingkat) dan panjang relief lebih dari 1 km. Diperkirakan dibuat selama 40 tahun oleh Dinasti Syailendra pada masa kerajaan Mataram Kuno (750-850).

    Bangga ga sih, Indonesia merupakat tempat ditemukannya manusia purba tertua di dunia, yaitu Pithecanthropus Erectus yang diperkirakan berasal dari 1,8 juta tahun yang lalu.

    Bangga ga sih, Republik Indonesia adalah Negara pertama yang lahir sesudah berakhirnya Perang Dunia II pada tahun 1945. Selain itu, Indonesia juga merupakan Negara ke 70 tertua di dunia.

    Bangga ga sih, Indonesia adalah Negara pertama (hingga kini satu-satunya) yang pernah keluar dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada tgl 7 Januari 1965. RI bergabung kembali ke dalam PBB pada tahun 1966.

    Bangga ga sih, Tim bulutangkis Indonesia adalah yang terbanyak merebut lambang supremasi bulutangkis pria, Thomas Cup, yaitu sebanyak 13 x (pertama kali th 1958 & terakhir 2002).

    Bangga ga sih, Indonesia adalah penghasil gas alam cair (LNG) terbesar di dunia (20% dari suplai seluruh dunia) juga menjadi produsen timah terbesar kedua di dunia.

    Bangga ga sih, Indonesia menempati peringkat 1 dalam produk pertanian, yaitu : cengkeh (cloves) & pala (nutmeg), serta no.2 dalam karet alam (Natural Rubber) dan minyak sawit mentah (Crude Palm Oil).

    Bangga ga sih, Indonesia adalah pengekspor terbesar kayu lapis (plywood), yaitu sekitar 80% di pasar dunia.

    Bangga ga sih, Terumbu Karang (Coral Reef) Indonesia adalah yang terkaya (18% dari total dunia).

    Bangga ga sih, Indonesia memiliki species ikan hiu terbanyak didunia yaitu 150 species.

    Bangga ga sih, Indonesia merupakan Biodiversity Anggrek terbeser didunia : 6 ribu jenis anggrek, mulai dari yang terbesar (Anggrek Macan atau Grammatophyllum Speciosum) sampai yang terkecil (Taeniophyllum, yang tidak berdaun), termasuk Anggrek Hitam yang langka dan hanya terdapat di Papua.

    Bangga ga sih, Indonesia Memiliki hutan bakau terbesar di dunia. Tanaman ini bermanfaat untuk mencegah pengikisan air laut/abrasi.

    Bangga ga sih, di Indonesia terdapat Binatang purba yang masih hidup yaitu Komodo yang hanya terdapat di pulau Komodo, NTT adalah kadal terbesar di dunia. Panjangnya bisa mencapai 3 meter dan beratnya 90 kg.

    Bangga ga sih, Rafflesia Arnoldi yang tumbuh di Sumatera adalah bunga terbesar di dunia. Ketika bunganya mekar, diameternya mencapai 1 meter.

    Bangga ga sih, Indonesia memiliki primata terkecil di dunia , yaitu Tarsier Pygmy (Tarsius Pumilus) atau disebut juga Tarsier Gunung yang panjangnya hanya 10 cm. Hewan yang mirip monyet dan hidupnya diatas pohon ini terdapat di Sulawesi.

    Bangga ga sih, Indonesia merupakan tempat ditemukannya ular terpanjang di dunia yaitu, Python Reticulates sepanjang 10 meter di Sulawesi.

    Bangga ga sih, Ikan terkecil di dunia yang ditemukan baru-baru ini di rawa-rawa berlumpur Sumatera. Panjang 7,9 mm ketika dewasa atau kurang lebih sebesar nyamuk. Tubuh ikan ini transparan dan tidak mempunyai tulang kepala.

    Wow, hal hal diatas memang cukup membanggakan. Sebenarnya masih sangat banyak hal yang bisa dibanggakan dari Indonesia. Namun, dengan hal hal diatas saja, saya rasa cukup untuk kita bangga dan bersyukur telah dilahirkan di Indonesia. Semoga apa yang menjadi kebanggaan kita selama ini akan selalu abadi, seperti spirit para generasi muda Indonesia yang tak pernah padam memajukan bangsa dan negara.

    saya juga berharap, melalui Kompetisi Website Kompas MuDA - KFC ini, para generasi muda Indonesia kembali terpanggil untuk mengisi kemerdekaan bangsa dengan hal yang lebih baik. Agar kebanggan kebanggan yang selama ini terukir dapat bertambah lagi.

    Sukses selalu untuk KOMPAS yang telah mengadakan Kompetisi Website Kompas MuDA - KFC ini.

    0 comments:

    Post a Comment

    Salam blogger...

     

    Blog Status

    Free Hit Counter
    HTML Counter
    free counters

    Followers