• Banyak alasan untuk percaya masa depan akan lebih baik. Fight!

    Black = Innovation = Award


    Terinspirasi dari sebuah baleho yang saya temukan kemarin mengenai Black Innovation Awards Goes To Campus 2010. Saya kemudian bertanya tanya, apa sih Black Innovation Award itu? makanan kah? atau apa? Tentunya saya tidak lantas hanya diam memikirkan pertanyan yang bergejolak dalam pikiran saya. Yang saya lakukan pagi ini adalah mencari semangat dan membulatkan tekad untuk menguak apa itu Black Innovation Awards. Akhirnya dengan semangat yang cukup menderu debu saya bulatkan pikiran dan tekad untuk mengangkat badan saya dari sebuah kasur yang telah menemani mimpi-mimpi indahku 1 tahun belakangan ini. Tekad saya bulat, untuk mencari sebuah kamus bahasa Inggris. Loh ko kamus? ya jelas lah saya cari kamus. Secara Black Innovation Awards itu kan kosa kata dari bahasa Inggris, dan saya adalah orang Indonesia. Jadi harus ada sedikit bantuan dari pihak ketiga untuk mengartikannya. hhe :D

    Hmm, tapi kemana ya kamus bersampul merah itu? saya lupa menaruhnya, atau jangan-jangan saya sengaja melupakannya gara-gara pengalaman itu? Entahlah, saya juga sudah lupa apa alasan saya sampe lupa menaruh kamus bahasa inggris bersampul merah itu. 5 menit, 10 menit, dan akhirnya. Yeah, saya menemukan sebuah Black Box. Loh kemana kamusnya? sebentar, Black Box ini juga barang yang dari kemarin saya cari (nanti saya ceritakan kenapa saya cari si Kotak Hitam). Dan beruntunganya saya,ternyata si kamus nongkrong tepat dibawah si Kotak Hitam.

    Tanpa berfikir panjang, tapi sangat panjang, saya langsung buka tuh kamus. Hasilnya Black = hitam, Innovation = perubahan baru, Award = hadiah. Jadi kalau digabungkan menjadi "hitam perubahan baru hadiah" atau "hadiah perubahan baru hitam" atau "perubahan baru hadiah hitam".

    Kalau kita lebih mendalami maknanya, kita bisa mendapatkan sebuah kata "kompetisi" untuk mendapatkan hadiah. Jadi dengan kata lain Black Innovation Awards adalah sebuah kompetisi yang melombakan desain alat alat yang merupakan pengembangan ide, dan fungsi sehingga memunculkan bentuk baru yang lebih kreatif, yang memungkinkan dipakai oleh semua orang. Alat-alat itu dapat berupa alat Rumah dan tempat tinggal, Transportasi, Kantor dan Pekerjaan, Waktu luang, hobi dan hiburan. Ya, melalui kompetisi ini diharapkan muncul desain alat inovatif yang berguna bagi masyarakat.

    Seperti apa sih alat innovatif itu? Alat innovatif yang dimaksud disini adalah alat yang memenuhi syarat-syarat berikut, Desain alat harus orisinal, Desain alat harus dapat direalisasikan kedalam bentuk yang mempunyai nilai artistik dan imajinatif, Desain alat harus mempunyai fungsi tertentu dalam kegiatan keseharian, Desain alat bersifat untuk memudahkan sebuah pekerjaan / aktifitas yang berhubungan dengan keadaan keseharian, Desain alat dapat merupakan modifikasi, daur ulang atau penambahan fungsi dari alat tertentu yang sudah ada, Desain alat yang kemudian dibuat, tidak boleh menggunakan bahan bakar jenis apapun, Bila ada desain alat yang menggunakan sumber listrik, maka tidak melebihi kapasitas tegangan 9 Volt, Ukuran alat yang didesain bebas, Desain alat belum pernah diproduksi secara massal dan/atau diperjualbelikan, Karya desain belum pernah diikutkan dalam kompetisi sejenis dimanapun.

    Sekarang saya tau, apa itu Black Innovation Awards. ternyata bukan makanan sob. Tapi ajang bergengsi buat para pelaku kreatif Indonesia. Dan ajang di tahun 2010 ini merupakan ajang ke 4 yang diselenggarakan Djarum Black. Saya Berharap semoga dari kompetisi seperti ini, muncul ide-ide briliant yang mampu membawa Indonesia menuju gerbang kemakmuran.



    2 comments:

    1. pertamax ...

      ouw .. itu toh artinya ...
      semoga sukses pak .... hadiahnya apa ?

      ReplyDelete
    2. @ hoedz : hahhaha pertamax lagi ya mas...
      iya mas...berminat untuk gabung?
      hadiahnya lumayan mas, totalnya 160 juta...
      makasih dukungan dan kunjungannya mas...
      sukses selalu...

      ReplyDelete

    Salam blogger...

     

    Blog Status

    Free Hit Counter
    HTML Counter
    free counters

    Followers