• Banyak alasan untuk percaya masa depan akan lebih baik. Fight!

    Bloging sebagai Lifestyle (3)


    Nampaknya semua pembaca akan setuju akan hal ini. Ngeblog adalah bagian dari lifestyle saat ini. Keberadaan diary telah tergantikan oleh blog, yang isinya bisa macam-macam; dari curahan hati ke luapan emosi, dari tulisan iseng hingga tulisan serius tingkat tinggi.

    Sebenarnya apa sih blog itu? blog diambil dari kata weblog, merupakan istilah untuk “online diary”. Sekarang blog telah berkembang, menjadi lebih dari sekedar itu. Blog, dari sebuah kata benda ( noun ), telah menjelma menjadi kata kerja ( verb ) : blogging , subjek : blogger , dan bahkan, kata keterangan ( adjective) : bloggingly.

    Di Indonesia sendiri perkembangan blog dapat dikatakan sangat pesat, secara sederhana sebenarnya dapat dilihat dari pesatnya jumlah pengakses internet di Indonesia. Padahal apabila kita melihat waktu awal masuknya internet di Indonesia, perkembangan internet di Indonesia dapat dikatakan masih seumur jagung.

    Jika dilihat dari jumlahnya, jumlah blogger Indonesia pada tahun 2007 diperkirakan sekitar 130-150 ribu orang menurut Bang Enda Nasution. Nah pada tanggal 6 Januari 2008, dari blog ayongeblog.com tercatat bahwa di Blogger.com 180.000 belum lagi di wordpress.com, wordpress.org yang dihosting sendiri, diperkirakan mencapai 250.000 blog. Pada awal tahun 2009, jumlah blogger Indonoseia yang menggunakan domain blogspot.com (blogger.com) sudah bergeser di angka 564.000 blog, belum lagi yang menggunakan wordpress atau domain sendiri. Dan hari ini, secara hitung hitungan kasar saja bisa diperkirakan jumlah blogger Indonesia mungkin sudah tembus 1,5 juta atau bahkan 2 juta pengguna.

    Jadi sudah terlihat jelas bahwa bloging sudah menjadi sebuah lifestyle masyarakat Indonesia. Berita baiknya adalah, sekarang ini bloging bukan hanya monopoli masyarakat perkotaan. bloging telah menjadi kegiatan sehari-hari masyarakat dipenjuru nusantara. Tidak salah, Djarum Black mengadakan Djarum Black Blog Competition vol.2, mengingat jumlah peminatnya yang pasti akan membludak.

    Dari ketiga postingan saya mengenai Latar Belakang diadakannya Djarum Black Blog Competition vol.2 ini, Perkembangan pesat Komunitas Blogger di Indonesia, think it... speak it... dan Blogging sebagai Lifestyle nampaklah jelas makna dari setiap latar belakang tersebut. Tidak heran, jumlah peminat yang mengikuti Djarum Black Blog Competition vol.2 hingga detik ini sudah lebih dari 500 blog. Semoga dari jumlah peserta yang banyak itu, dapat memacu saya untuk terus membenahi diri dengan tulisan-tulisan yang lebih baik.

    2 comments:

    1. mengamankan pertamax pak ....
      wuih .. banyak juga ya ..... sampe monyet aja ikutan ngeblog .. hehehehe

      ReplyDelete
    2. @ hoedz : pertamaxx lagi..hhehe
      iya lumayan banyak dan terus bertambah...
      hahaha mudah-mudahan ga ada monyet yg ikut ngeblog...

      ReplyDelete

    Salam blogger...

     

    Blog Status

    Free Hit Counter
    HTML Counter
    free counters

    Followers