• Banyak alasan untuk percaya masa depan akan lebih baik. Fight!

    Kriteria Pemenang Djarum Black Blog Competition vol.2


    Hari ini, tepat 5 hari sebelum tanggal 28 Februari 2010, hari yang dijadikan batas waktu akhir penulisan artikel yang akan diikut sertakan dalam Djarum Black Blog Competition vol.2. Tapi melihat label Djarum Black Blog Competition vol.2, masih tertera 11 postingan. Hmm, padahal kan syarat minimal artikel yang diajukan dalam kompetisi adalah 2o artikel. Sedangkan ambisinya harus menjadi juara, ya minimalnya 10 besar lah, hhe :D

    Sebenarnya sempet mikir juga sih, gimana ya caranya buat menang. Padahal kan blog yang menjadi saingan jumlahnya ratusan. Yah, mungkin harapan untuk menang adalah khayalan kosong. Tapi ga ada salahnya kan optimis, gantungkan cita-cita-mu setinggi langit, peribahasa bilang. Lantas, apa dong usaha yang harus dijalanin biar mendekatkan dengan pintu kemenangan? Ya, salah satu caranya adalah dengan belajar, belajar dari yang telah ada, alias mempelajari kriteria pemenang pada Djarum Black Blog Competition yang pertama, ’mungkin kriterianya ga akan jauh berbeda’ pikir saya.

    Dengan meluangkan sedikit waktu, akhirnya beres juga membuka semua blog pemenang Djarum Black Blog Competition vol.1, maklum lah koneksi siput, hhe. Dibuka sana sini, dlihat, dibaca, loading lagi, baca lagi dan setelah sekitar tiga puluh menit, saya bisa menarik beberapa kesimpulan. Dan sepertinya kesimpulan itu harus dijalankan apabila ingin masuk sebagai kandidat pemenang pada Djarum Black Blog Competition vol.2 ini.

    Kriteria pertama a la harits’s blog adalah kekuatan artikel. Awalnya saya berfikir, ’apa artikel yang diikutkan harus bahasa yang baku ya?’ ’atau harus ditulis menggunakan gaya bahasa penulis profesional?’. Hmm, ternyata pertanyaan pertanyaan saya itu salah. Banyak artikel pemenang yang menggunakan bahasa pergaulan sehari hari, geu, elu, ngakak dan lain-lain. Namun yang jadi fokus dalam sebuah artikel adalah tema yang diangkat serta pesan yang dapat diambil. Dan yang terpenting adalah harus terdapat salah satu keyword wajib.

    Kriteria kedua adalah sejalan dengan apa yang dijadikan latar belakang diadakannya Djarum Black Blog Competition vol.2. Dalam hal ini kita sebagai blogger harus bisa lebih expressive, speak up their opinion, care to their surroundings, and creative.

    Dan kriteria terakhir adalah layout blog. Untuk kriteria ini, saya sendiri masih belum bisa memastikan apakah layout termasuk dalam salah satu penilaian. Karena hal ini tidak tercantum dalam rules & regulation Djarum Black Blog Competition vol.2. Namun yang saya lihat dari Djarum Black Blog Competition vol.1 , sembilan dari sepuluh pemenang menggunakan layout bernuansa hitam dan bernuansa Djarum Black.

    Dari ketiga kriteria diatas, kriteria pertama dan kriteria kedua merupakan hal terpenting dalam penilaian. Sedangkan, untuk kriteria ketiga digunakan sebagai pendukung kriteria pertama dan kedua. Sekali lagi, ini adalah kriteria pemenang a la harits’s blog berdasarkan pengamatan terhadap blog blog yang telah menjadi pemenang dalam Djarum Black Blog Competition vol.2.


    0 comments:

    Post a Comment

    Salam blogger...

     

    Blog Status

    Free Hit Counter
    HTML Counter
    free counters

    Followers