• Banyak alasan untuk percaya masa depan akan lebih baik. Fight!

    Mengekang kebebasan berekspresi


    Membaca judulnya saja, kita pasti akan mengetahui apa yang akan dibahas dalam tulisan ini. Ya benar, saya akan kembali membahas mengenai RPM Konten dari sudut pandang seorang blogger pemula. Namun kali ini saya akan lebih khususkan membahas mengenai kebebasan berekspresi, karena hal inilah yang sangat dikhawatirkan oleh para blogger apabila RPM Konten itu diterbitkan.

    Apabila kita melihat mengenai kebebasan berekspesi, hal ini sangatlah erat kaitannya dengan kata demokrasi. Dimana demokrasi adalah hal yang selama ini kita banggakan sebagai bangsa Indonesia. Namun apa yang akan terjadi apabila RPM Konten diterbikan? Sepertinya demokrasi itu akan kembali terusik, setelah keberadaan UU ITE sudah cukup membuat ketar-ketir masyarakat yang sering beraktivitas di dunia online, termasuk para blogger.

    Penolakan-penolakan terhadap RPM Konten ini cukuplah beralasan, mengingat dari pengalaman UU ITE saja, sudah banyak pihak yang diperkarakan akibat aktifitasnya di internet. Sebagai contoh yang sangat fenomenal adalah kasus Prita, dimana curahan hatinya di sebuah mailing list mengenai pelayanan sebuah rumah sakit internasional berakibat dilaporkannya ia oleh rumah sakit tersebut atas tuduhan mencemarkan nama baik. Ironis memang disaat perkembangan tekhnologi informasi yang sangat pesat dimana kita mulai terbiasa speak up dalam sebuah blog atau media internet lainnya. Belum lagi apabila RPM Konten memang benar-benar diterbitkan, akan semakin menambah kekhawatiran para pengguna internet. ’lebih berhati-hati’ mungkin adalah kalimat yang paling cocok untuk menggantikan istilah ’mengekang’.

    Sangat disayangkan memang apabila perkembangan blogger di Indonesia terhenti akibat ketakutan ketakutan yang seharusnya bisa dihindari. Seperti yang kita ketahi bersama, dunia blogging saat ini sedang berkembang pesat, seperti yang pernah saya tuliskan dalam artikel ’Perkembangan Pesat Komunitas Blogger di Indonesia’. Banyak sekali kontes-kontes blog yang telah mapun sedang dilaksanakan saat ini. Sebagai contoh yang sedang saya ikuti adalah Djarum Black Blog Competition vol.2. Jadi sudah sepatutnya, kita tetap melihat dunia blogging di Indonesia terus berkembang mengikuti perkembangan jaman. Karena saya yakin, hakikat kita adalah sebagai bangsa timur yang sangat menjunjung tinggi moral dan kesopanan


    0 comments:

    Post a Comment

    Salam blogger...

     

    Blog Status

    Free Hit Counter
    HTML Counter
    free counters

    Followers