• Banyak alasan untuk percaya masa depan akan lebih baik. Fight!

    HSDPA, tapi siput


    Pagi-pagi gini tiba-tiba keingetan ama blog ane, blog yang sedang berjuang manghadapi persaingan ketat dalam Djarum Black Blog Competition Vol.2 (berjuang ya sob :) ). Entah ada angin apa, secara tidak terduga-duga, koneksi yang ane punya tiba-tiba ngacir. Biasanya loadingnya bisa memakan waktu berabad-abad, tapi ini ko Cuma 10 tahun ya?(masih tetep lama ya sob?hha). Ya maklum lah, koneksi yang ane pakai mengandalkan sinyal, berhubung ane kan cuma anak kostan yang tinggal dikamar sederhana berukuran 3x3 tanpa koneksi kabel yang lebih manusiawi.Koneksi siput ane yang terlanjur mendarah daging sebenernya terdiri dari dua bagian utama, modem dan chip. Modem itu kependekan dari Modulation Demodulation, alat ini digunakan untuk merubah sinyal analog menjadi digital atau sebaliknya. Perubahan sinyal tadi terjadi ketika menghubungkan antara dua komputer melalui dial-up dengan menggunakan line telepon dalam mengakses data melalui jaringan atau internet. Kenapa line telepon? Ya, karena untuk menghubungkan ke dunia maya, kita memerlukan jaringan telepon, baik melalui kabel maupun menggunakan sinyal seperti si siput yang saya gunakan.

    Kembali teringat pada si siput, kadang ane suka bertanya tanya, kenapa ya ko koneksi yang ane punya begitu lambat. Padahal ane liat koneksinya selalu HSDPA atau minimalnya WCDMA. Secara logika, untuk tekhnologi HSDPA di lingkungan perumahan dapat melakukan unduh data hingga berkecepatan 3,7 Mbps. Dalam keadaan bergerak seseorang yang sedang berkendaraan di jalan tol berkecepatan 100 km/jam dapat mengakses internet berkecepatan 1,2 Mbps. Di lingkungan perkantoran yang padat pengguna dapat menikmati streaming video dengan perkiraan kecepatan 300 Kbps. Wow luar biasa cepat kan sob? Ane sampe malu kalo mesti ngasih tau berapa kecepatan koneksi siput ane.

    Selain masalah kecepetan, sebenarnya ada lagi nih kelebihan HSDPA yaitu mengurangi tertundanya pengunduhan data (delay) dan memberikan umpan balik yang lebih cepat saat pengguna menggunakan aplikasi interaktif seperti mobile office atau akses Internet kecepatan tinggi untuk penggunaan fasilitas permainan atau mengunduh audio dan video. Kelebihan lain HSDPA, meningkatkan kapasitas sistim tanpa memerlukan spektrum frekuensi tambahan. Hal ini menyebabkan berkurangnya biaya layanan mobile data secara signifikan.

    Hmm, tapi apa ya yang terjadi dengan koneksi ane sampe-sampe ane sebut tuh koneksi siput? Entah apalah penyebabnya. Yang jelas dari koneksi siput itu, ane bisa mendapat berjuta-juta pengetahuan dan pengalaman baru. Berkat si siput ini juga, ane bisa mengenal dunia blogging yang sudah membuat ane buka mata terhadap perkembangan jaman hingga ane bisa terdampar dengan sengaja disebuah kompetesi blog, Djarum Black Blog Competition Vol.2. Semoga dengan ditemani si siput, ane bisa menyelesaikan kompetisi ini dengan hasil yang memuaskan (menang :D).

    5 comments:

    1. semoga menang ya bos ...
      sukses selalu ...

      ReplyDelete
    2. ketinggalan ..
      PERTAMAX ...

      hehehehe ...

      ReplyDelete
    3. yang sabar aja sob sama si siputnya, saya juga koneksinya sama seperti siput ente,,, padahal HSDPA lo,,, Gmana ya solusinya sob,..!!!

      ReplyDelete
    4. internet lambat emang masalah di Indonesia..udah lambat mahal lagi...:)

      btw..ditunggu kunjungan baliknya di black-gnr.blogspot.com

      ReplyDelete
    5. @hoedz : hahaha...pertamax di tempat keduax ya mas...
      amin...makasih doa dan dukungannya mas...
      makasih udah berkunjung...
      sukses selalu...

      @deddy : iya mas, si siput bikin saya tambah sabar.hhehe
      wah berarti kita sama-sama melihara siput...
      menurut saya solusi yang paling masuk akal adalah berganti koneksi menggunakan kabel, bukan sinyal lagi...
      maksih sudah datang mas...

      @yauma : setuju banget tuh mba...emang Indonesia banget...hhe
      makasih kunjungannya mba...

      ReplyDelete

    Salam blogger...

     

    Blog Status

    Free Hit Counter
    HTML Counter
    free counters

    Followers