• Banyak alasan untuk percaya masa depan akan lebih baik. Fight!

    Printer Ramah Lingkungan


    Sepertinya memang benar kata orang tua, kalo kita tidak boleh tidur pada waktu maghrib. Jadi ginilah hasilnya, memimpikan sesuatu yang aneh. Tapi kabar baiknya, mimpi aneh itu membangkitkan secuil pemikiran yang selama ini tertanam dalam otak saya. Loh ko bisa? ya, karena saya bermimpi dikejar-kejar ribuan kertas yang selama ini saya gunakan kemudian dibuang begitu saja, huh. Dari mimpi itulah terpikir sebuah ide mengenai printer yang bisa menggunakan satu kertas untuk melakukan pekerjaan yang berulang-ulang. Seperti kita tahu bahwa pemakaian kertas di kantor-kantor atau sekolah-sekolah sangatlah banyak dan sebagian terbuang percuma, itu berarti banyak pohon yang ditebang, begitu pula dengan uang perusahaan atau sekolah.Hmm tapi udah ada belum ya yang memiliki ide seperti itu? kalo belum ada, sepertinya bagus juga diikutkan dalam Djarum Black Innovation Award. Salah satu caranya mengetahui jawabannya adalah dengan gogling.

    Setelah mencari kesana kemari dan gonta ganti keyword, akhirnya saya mendapatkan sesuatu yang sepertinya sejalan dengan ide printer itu. Namanya adalah Prepeat Printer, printer dari Jepang ini adalah sebuah printer yang dapat mencetak dokumen atau lainnya dengan menggunakan kertas khusus yang bisa digunakan berulang kali (sampai 1.000 kali).

    Tidak seperti Erasable Paper dimana tulisan akan hilang dalam waktu 24 jam dan bisa kita gunakan kembali. Kertas khusus yang digunakan di PrePeat Printer ini bisa langsung digunakan kembali walaupun pada kertas tersebut masih terdapat tulisan. Hebat bukan? Selain itu, Pada menu di printer tersebut ada tombol "Erase & Print" yang berfungsi akan langsung menghapus tulisan yang ada sebelumnya dan sesudah itu langsung mencetak kembali dokumen yang baru.

    Bayangkan, ini berarti kita bisa menghemat uang pembelian kertas yang cukup banyak dan belum lagi kita juga turut menyelamatkan bumi. PrePeat Printer juga tidak menggunakan catridge atau toner untuk tintanya melainkan sistim Thermal Head yang berarti anda sudah tidak perlu keluar uang untuk pembelian tinta. Kertasnya sendiri merupakan kertas khusus yaitu menggunakan bahan plastik (heat-sensitive plastic sheets).

    Sayangnya, seperti biasa, produk ramah lingkungan sama sekali tidak ramah di kantong (alias mahal) karena harga PrePeat Printer ini adalah sekitar 500.000 Yen (sekitar Rp. hampir 60 juta) dan harga 1 kertas printer khusus tersebut adalah 300 Yen (sekitar Rp. 33.000) per lembarnya dan bisa digunakan sampai 1.000 kali.

    Tapi tetap keren lah, dijamin makin lama nantinya akan semakin murah, hanya mungkin dengan sistem ini kita harus memilah-milah mana dokumen yang akan disimpan atau bersifat sementara.

    0 comments:

    Post a Comment

    Salam blogger...

     

    Blog Status

    Free Hit Counter
    HTML Counter
    free counters

    Followers