• Banyak alasan untuk percaya masa depan akan lebih baik. Fight!

    'Tonjolan' pada keyboard


    Sekarang waktunya think black. Perhatikan lebih dekat tombol pada keyboard kompi atau laptop sobat sekalian. Saya yakin kebanyakan sobat-sobat menyepelekan "tonjolan" yang ada pada huruf "F" dan "J". Sekarang setelah sobat perhatikan, Beberapa dari sobat pasti bertanya, "Buat apaan yak, 'tonjolan' ini?". Apakah hanya sekedar style atau pemanis keyboard belaka?


    Hmm, ternyata tonjolan ini dibuat dengan tujuan yang sederhana, yaitu Memudahkan orang yang mengetik a la touched-type untuk mengetahui kedua posisi jari telunjuk kiri mereka (pada huruf "F") dan jari telunjuk kanan mereka (pada huruf "J"). Dan apakah itu touched-type? Touch-type merupakan salah satu cara orang mengetik dimana mereka tidak menatap keyboard saat mengetik, dengan kata lain cara ini merupakan metoda blind typing.

    Beberapa orang memang mengetik dengan cara ini. Oleh karena itu mereka butuh semacam assistance untuk mengetahui posisi jari-jari mereka saat mengetik dan "tonjolan" itulah yang terpilih sebagai assistance mereka.

    Saya sendiri pernah mengaplikasikan metoda toucehed-type ini, dan memang apabila diaplikasikan secara benar, dapat meningkatkan kecepatan mengetik. Selain itu, metoda ini pun mudah dipelajari, yang terpenting adalah berlatih dan membiasakan diri untuk blind typing. Dan mulai hari ini, saya kembali menerapkan metoda blind typing dalam rangka Djarum Black Blog Competition vol.2, agar artikel yang akan saya posting bisa selesai lebih cepat, berhubung hanya tersisa 1 minggu lagi menuju hari dimana postingan pamungkas itu akan dipublikasikan



    5 comments:

    1. wah bener tuh...
      saia juga sudah lama sob mengandalkan hurup itu untuk panduan mengetik dengan cara tidak melihat key board.. hehe akan tetapi ya masih butuh waktu untuk melepaskan kebiasaan saya yang harus mengetik dengan jari yang acak2an..

      salam sobat, udah lama nih gak mampir... :)

      ReplyDelete
    2. whahha...nambah ilmu aku.
      nice post sob

      ReplyDelete
    3. astaga.... saya selama ini sudah mulai memperbiasakan mengetik 10 jari tanpa melihat keyboard tapi saya benar2 nggak pernah tahu kalau ada 2 tonjolan pembantu
      *merah wajah karena malu*
      makasih banyak ya sob... jadi tahu sekarang
      ga rugi main di sini

      ReplyDelete
    4. Wah, bener banget ne... Mengetik di atas keyboard memang butuh latihan. Ngomong2 yang mau software latihan ngetik cepet ada lo di blogQ... Ambil aja Gratis :)

      ReplyDelete
    5. @ informasi peternakan ayam : hahaha sama sob...saya juga masih harus belajar lagi biar blind typingnya lancar...
      makasih kunjungannya sob... :D

      @ adit's blog : sama sama sob :D
      makasih ya udah datang...

      @ ica : hehehe saya sebenernya juga baru tau...
      *ikutan malu*
      makasih ya kunjungannya...jangan bosan datang loh :D

      @ anamsuperlink : wah makasih nih buat info softwarenya....bisa didownload nih..hhe
      makasih ya kunjungannya sob... :D

      ReplyDelete

    Salam blogger...

     

    Blog Status

    Free Hit Counter
    HTML Counter
    free counters

    Followers