• Banyak alasan untuk percaya masa depan akan lebih baik. Fight!

    apa itu virtual box?


    VirtualBox, peranti virtualisasi lintas platform keluaran Sun Microsystems kini hadir dengan versi terbaru. Apa saja kelebihannya?

    Versi terbaru Sun VirtualBox telah diumumkan oleh Sun Microsystems. Adalah VirtualBox vesi 3., seri yang baru saja diperkenalkan ini mengusung kemampuan "Teleport" pertama dalam industri virtualisasi. Berbagai kemudahan pun ikut ditawarkan.

    Mulai dari kemudahan pemindahan mesin virtual yang tengah beroperasi (tanpa terganggu perbedaan host, termasuk OS yang berbeda), perbedaan kelas komputer (dari server ke klien), sampai perbedaan CPU (misal Intel ke AMD).

    Sesuai perkembangan jaman, kini semakin banyak perusahaan yang berharap dapat memberikan layanan melalui komputer dalam 24 jam sepekan. Nah, kemampuan itulah yang coba ditawarkan oleh VirtualBox dengan memudahkan para systems administrator untuk melakukan perbaikan downtime nol pada sistem TI mereka.

    Penambahan "Teleport" ini niscaya juga dapat meningkatkan kinerja SMP serta kapabilitas beban kerja besar. Ya, VirtualBox 3.1 menampilkan feature enterprise hypervisor nan lengkap. Jadi, fungsi "Teleport" di sini adalah untuk membantu mesin virtual mencapai akses yang tinggi. Begitu peranti keras harus dikeluarkan, maka beban kerja virtual dapat di "Teleport" ke host lain dengan mudah.

    Keunggulan lain VirtualBox 3.1 adalah dapat meningkatkan kecepatan pelaksanaan dengan memori yang dioptimalkan, sehingga mampu mendongkrak peningkatan kinerja sebesar 30% daripada versi sebelumnya. Dilengkapi pula dengan feature snapshooting yang lebih bertenaga guna membantu para systems administrator memindahkan mesin virtual dengan tepat waktu ke kondisi snapshot apapun.

    "Pelanggan kami berharap downtime layanan sependek mungkin," kata Andre Apett (Konsultan di German Credativ GmbH).

    Saat ini VirtualBox sudah diunduh oleh lebih 20 juta pengunduh di seluruh dunia, sejak rilis pertama kali pada tahun 2007. Untuk dapat men-download solusi ini, pengunduh wajib menyediakan kapasitas sebesar 50 megabyte.

    12 comments:

    1. makasih infonya berguna bgt

      ReplyDelete
    2. @ izkiy : sip.. sama sama sob...
      makasih ya udah datang...

      ReplyDelete
    3. Nama saya Muhammad Pandu ...
      saya mau tanya ...?
      Apa alasan kami harus menggunakan virtualbox :)

      ReplyDelete
    4. @ Muhammad Pandu : sebelumnya makasih ya udah mampir :)
      sebenarnya bukan harus menggunakan virtualbox ya, virtualbox digunakan kalo kita memerlukannya saja.. kalo ga perlu ya ga usah dipake..
      Contohnya saya, saat kuliah saya memerlukan ubuntu sedangkan OS yang saya gunakan adalah win 7.. Kalo harus migrasi OS kan cukup repot, jadi alternatifnya saya instal virtualbox ini agar ubuntu bisa running di dalam win 7 saya..
      begitulah kira-kira..
      cmiiw :)

      ReplyDelete
    5. permisi mau tnya????
      maksudnya tu virtualbox bsa digunaka sbgai alat bntu untuk jalankan aplikasi windows sedangkan windows dlam keadaan tidak aktif dan yg aktif itu ubuntu, gtu tha???

      mohon pnjelasan

      ReplyDelete
    6. @ Dhika : jadi gini, virtualbox itu aplikasi untuk menjalankan OS B didalam OS A.. OSnya itu bisa linux dalam window, window dalam linux, window dalam window atau linux dalam linux.. misal, komputer saya kan win7, ternyata ditengah jalan saya butuh aplikasi X u/ kuliah yang ternyata hanya bisa berjalan di winXP, nah daripada saya harus pindah OS ke XP, alternatifnya saya bisa menginstall virtualbox dalam win7 saya kemudian menginstal winXP dalam vitualbox yang berjalan di win7 tersebut.. jadi disini win7 sbg main OS, dan winXP sbg virtual OS.. untuk lebih jelas ada baiknya mencoba menginstal virtuaboxnya..cmiiw :)

      ReplyDelete
    7. ough ya saya paham... sama dengan VMware

      ReplyDelete
    8. @ lesson : yap mirip mirip lah ya.. mungkin kalo vmware lebih ke server kalo virtualbox lebih ke os di PC atau laptop.

      ReplyDelete
    9. permisi saya mau nanya

      saya ingin instal mikrotik dengan os nya windows xp dengan virtual box...

      pertanyaannya apakah saya harus menambah os satu lagi ??

      atau dengan menjalankan virtual box saya bisa langsung instal mikrotiknya

      ReplyDelete
    10. @ Nanda El-Nino : kalo mikrotik bisa jalan di xp ya langsung aja di instal.

      ReplyDelete
    11. thanks infonya gan
      mampir ke blogs ane
      www.blogs.unpas.ac.id/prutnop

      ReplyDelete

    Salam blogger...

     

    Blog Status

    Free Hit Counter
    HTML Counter
    free counters

    Followers