• Banyak alasan untuk percaya masa depan akan lebih baik. Fight!

    Chat yuk pake Google Talk...


    Google Talk (GTalk) adalah suatu layanan aplikasi berbasis web dari Google yang dibuat sebagai sarana untuk berkomunikasi melalui pesan instan dan VoIP. Google talk pertama kali dirilis pada tanggal 24 Agustus 2005. Google Talk disediakan secara gratis dan dapat diunduh serta diakses melalui Google. Layanan Google Talk hanya dapat digunakan apabila telah memiliki akun di Google.

    Pesan instan yang ada di antara server Google Talk dan kliennya menggunakan protokol terbuka, dan XMPP, yang memungkinkan para pengguna klien XMPP lainnya untuk berkomunikasi dengan para pengguna Google Talk. Sementara itu, VoIP pada google Talk berbasis Jingle protokol. Teknologi yang dipakai dalam jaringan server google tidak dapat diketahui oleh publik. Layanan Google Talk hanya tersedia untuk sistem operasi yang menggunakan Windows 2000, windows XP, windows Server 2003, windows Vista, dan Windows 7. Perangkat lunak Google Talk tersedia juga untuk BlackBerry, iPhone dan T-Mobile G1. Dengan dikeluarkannya gadget pada Google Talk membuat seluruh pengguna yang didukung oleh Adobe Flash Player dapat menggunakan Google Talk.

    Fitur-fitur

    - Voicemail dan file-sharing

    Google memberikan layanan voicemail dan kemampuan mengirimkan file ke klien Google Talk pada tanggal 28 Juli 2006. Pesan yang ada dalam voicemail lamanya bisa mencapai hingga 10 menit, dan dikirimkan ke kontak kotak surat sebagai suatu file MP3 yang terlampir (11kHZ mono 24kbit/s). Bagi penerima yang menggunakan akun Gmail akan mendapatkan integrasi yang lebih baik dibandingkan dengan yang lain. Gmail akan mengenali bahwa itu adalah pesan suara, dan para pengguna dapat memilih salah satu cara untuk memindahkan file yaitu dengan memakai MP3-playing applet, atau dengan cara mengunduh file MP3 tersebut.

    - Pesan offline

    Pada 31 0ktober 2006, Google menambahkan pesan offline ke dalam Google Talk. Hal ini telah memungkinkan para pengguna untuk mengirimkan pesan ke dalam kontaknya, walaupun sedang tidak sign in (masuk). Pesan baru bisa diterima ketika mereka mulai online, meskipun pengguna yang mengirim pesan tersebut sedang dalam keadaan offline.

    - Kompatibilitas dengan perangkat mobile

    Nokia merilis perangkat lunak baru untuk nokia 770 internet tablet, Google Talk adalah salah satu perangkat lunak yang termasuk di dalamnya. Perangkat lunak Google Talk yang berbasis XMPP membuat Google Talk menjadi klien VoIP yang kompatibel. Kompatibilitas google talk dengan perangkat mobile lainnya dapat ditemukan juga pada Sony’s mylo dan Blackberry. Namun, tidak semua ponsel cocok dengan perangkat lunak Google Talk, hanya ponsel yang menyediakan protokol XMPP yang dapat memberikan layanan tersebut. Sebagian besar ponsel saat ini didukung oleh IMPS protokol, sehingga dengan akun gmail tidak bisa login.

    Download google talk disini


    1 comments:

    1. I want to thank you for writing this article.This is great Article for me. It also more very informative & awesome. I expect more articles from you in future.
      XMPP

      ReplyDelete

    Salam blogger...

     

    Blog Status

    Free Hit Counter
    HTML Counter
    free counters

    Followers