• Banyak alasan untuk percaya masa depan akan lebih baik. Fight!

    Pengertian Augmented Reality


    Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, namun Augmented Reality hanya menambahkan atau melengkapi kenyataan.

    Benda-benda maya menampilkan informasi yang tidak dapat diterima oleh pengguna dengan inderanya sendiri. Hal ini membuat Augmented Reality sesuai sebagai alat untuk membantu persepsi dan interaksi penggunanya dengan dunia nyata. Informasi yang ditampilkan oleh benda maya membantu pengguna melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam dunia nyata.

    contoh Augmented Reality - gambar kanan sudah ditambahkan augmented reality

    Selain menambahkan benda maya dalam lingkungan nyata, Augmented Reality juga berpotensi menghilangkan benda-benda yang sudah ada. Menambah sebuah lapisan gambar maya dimungkinkan untuk menghilangkan atau menyembunyikan lingkungan nyata dari pandangan pengguna. Misalnya, untuk menyembunyikan sebuah meja dalam lingkungan nyata, perlu digambarkan lapisan representasi tembok dan lantai kosong yang diletakkan di atas gambar meja nyata, sehingga menutupi meja nyata dari pandangan pengguna.

    Augmented Reality dapat diaplikasikan untuk semua indera, termasuk pendengaran, sentuhan, dan penciuman. Selain digunakan dalam bidang-bidang seperti kesehatan, militer, industri manufaktur, Augmented Reality juga telah diaplikasikan dalam perangkat-perangkat yang digunakan orang banyak, seperti pada telepon genggam.

    3 comments:

    1. mo comment bos... berarti AR ini sama kek di film yugi yang kartu nya bisa jd monster bneren?? apakah ini udah di terapin di dunia nyata ???

      ReplyDelete
    2. @ Anonim : yah mungkin kurang lebihnya gitu.. tapi monsternya itu ga tampak didunia nyata ya, tapi dilayar, dan kartu itu cuma digunakan sebagai pattern yang dikenali aplikasi untuk menentukan object mana yang akan di tampilkan..
      Banyak ko yang sudah pakai, terlebih untuk keperluan promo.. Bahkan pattern yg digunakan sudah menggunakan gerakan, muka atau tubuh manusia.. Contohnya yg pernah saya liat ada lee cooper, xl, djarum, samsung, toyota, dll.

      ReplyDelete
    3. nice and very good article!
      oh ya, teman saya juga ada yang membuat buku tentang Augmented Reality!
      May you wanna visit! Thanks :)
      http://fenifah.blogspot.co.id/2013/04/buku-membuat-game-3d-interaktif-dengan.html

      ReplyDelete

    Salam blogger...

     

    Blog Status

    Free Hit Counter
    HTML Counter
    free counters

    Followers