• Banyak alasan untuk percaya masa depan akan lebih baik. Fight!

    VoIP - Voice over Internet Protocol


    Ada sesuatu yang menarik hari ini di kelas, teman saya mempresentasikan VoIP. Wah, apa itu VoIP? Terus terang saya baru mendengar lagi istilah VoIP, jadi masih membayang bayangkan apa sebenernya VoIP. Setelah mendengarkan penjelasan, saya baru teringat kembali akan istilah VoIP. Ya, VoIP itu kependekan dari Voice over Internet Protocol. Atau sederhananya adalah melakukan percakapan melalui jaringan internet.

    Menurut Wikipedia, VoIP atau Voice over Internet Protocol adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Teknisnya adalah dengan mengubah Data Suara menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa.

    Perkembangan teknologi, device yang digunakan bukan hanya PC
    sudah banyak pesawat telepon yang bisa menggunakan VoIP

    Bila pada jaringan suara konvesional pesawat telepon langsung terhubung dengan PABX (Privat Automated Branch exchange) atau jika milik TELKOM terhubung langsung dengan STO (Sentral telepon Otomat) terdekat. Dalam STO ini ada daftar nomor-nomor telepon yang disusun secara bertingkat sesuai dengan daerah cakupannya. Jika dari pesawat telepon tersebut mau menghubungi rekan yang lain maka tuts pesawat telepon yang ditekan akan menginformasikan lokasi yang dituju melalui nada-nada DTMF, kemudian jaringan akan secara otomatis menghubungkan kedua titik tersebut.

    Bentuk paling sederhana dalam sistem VoIP adalah dua buah komputer terhubung dengan internet. Syarat-syarat dasar untuk mengadakan koneksi VoIP adalah komputer yang terhubung ke internet, mempunyai kartu suara yang dihubungkan dengan speaker dan mikropon. Dengan dukungan perangkat lunak khusus, kedua pemakai komputer bisa saling terhubung dalam koneksi VoIP satu sama lain.

    Dalam VoIP ada satu hal yang sangat menarik perhatian saya, yaitu biaya yang murah. Walau belum dijelaskan secara rinci bagaimana perbandingan biaya antar Telepon biasa dan VoIP. Namun secara kasar, saya memperhitungkan VoIP akan lebih murah dengan asumsi akses internet yang digunakan unlimited tanpa volume base ataupun time base. Selain murah, sebenarnya banyak keuntungan lain yang menjadi keunggulan VoIP dibanding telepon konvensional. Tentu saja dibalik keunggulannya, ada juga kekurangan VoIP, untuk lebih jelasnya berikut saya tuliskan perpoint apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan VoIP.

    Keuntungan VoIP
    • Biaya lebih rendah untuk sambungan langsung jarak jauh. Penekanan utama dari VoIP adalah biaya. Dengan dua lokasi yang terhubung dengan internet maka biaya percakapan menjadi sangat rendah.
    • Memanfaatkan infrastruktur jaringan data yang sudah ada untuk suara. Berguna jika perusahaan sudah mempunyai jaringan. Jika memungkinkan jaringan yang ada bisa dibangun jaringan VoIP dengan mudah. Tidak diperlukan tambahan biaya bulanan untuk penambahan komunikasi suara.
    • Penggunaan bandwidth yang lebih kecil daripada telepon biasa. Dengan majunya teknologi penggunaan bandwidth untuk voice sekarang ini menjadi sangat kecil. Teknik pemampatan data memungkinkan suara hanya membutuhkan sekitar 8kbps bandwidth.
    • Memungkinkan digabung dengan jaringan telepon lokal yang sudah ada. Dengan adanya gateway bentuk jaringan VoIP bisa disambungkan dengan PABX yang ada dikantor. Komunikasi antar kantor bisa menggunakan pesawat telepon biasa
    • Berbagai bentuk jaringan VoIP bisa digabungkan menjadi jaringan yang besar. Contoh di Indonesia adalah VoIP Rakyat.
    • Variasi penggunaan peralatan yang ada, misal dari PC sambung ke telepon biasa, IP phone handset
    Kelemahan dari VoIP
    • Kualitas suara tidak sejernih Telkom. Merupakan efek dari kompresi suara dengan bandwidth kecil maka akan ada penurunan kualitas suara dibandingkan jaringan PSTN konvensional. Namun jika koneksi internet yang digunakan adalah koneksi internet pita-lebar / broadband seperti Telkom Speedy, maka kualitas suara akan jernih - bahkan lebih jernih dari sambungan Telkom dan tidak terputus-putus.
    • Ada jeda dalam berkomunikasi. Proses perubahan data menjadi suara, jeda jaringan, membuat adanya jeda dalam komunikasi dengan menggunakan VoIP. Kecuali jika menggunakan koneksi Broadband (lihat di poin atas).
    • Regulasi dari pemerintah RI membatasi penggunaan untuk disambung ke jaringan milik Telkom.
    • Jika belum terhubung secara 24 jam ke internet perlu janji untuk saling berhubungan.
    • Jika memakai internet dan komputer di belakang NAT (Network Address Translation), maka dibutuhkan konfigurasi khusus untuk membuat VoIP tersebut berjalan
    • Tidak pernah ada jaminan kualitas jika VoIP melewati internet.
    • Peralatan relatif mahal. Peralatan VoIP yang menghubungkan antara VoIP dengan PABX (IP telephony gateway) relatif berharga mahal. Diharapkan dengan makin populernya VoIP ini maka harga peralatan tersebut juga mulai turun harganya.
    • Berpotensi menyebabkan jaringan terhambat/Stuck. Jika pemakaian VoIP semakin banyak, maka ada potensi jaringan data yang ada menjadi penuh jika tidak diatur dengan baik. Pengaturan bandwidth adalah perlu agar jaringan di perusahaan tidak menjadi jenuh akibat pemakaian VoIP.
    • Penggabungan jaringan tanpa dikoordinasi dengan baik akan menimbulkan kekacauan dalam sistem penomoran

    4 comments:

    1. wah keren beu
      urang baru nemu lah yang ini
      aslian
      yang kemarin mah masih capruk
      haha

      ReplyDelete
    2. @ opikpun : hahaha aslina pik...
      urg penasaran pas si patrick+rendy presentasi pa BW... jadi weh googling.. wkwkwk

      ReplyDelete
    3. ngambil dari wikipedia semua tuh

      ReplyDelete
    4. @ Anonim : ya memang saya ambil dari wikipedia... dalam artikel sudah saya sebut sumbernya...
      Thanks ya udah mampir :)

      ReplyDelete

    Salam blogger...

     

    Blog Status

    Free Hit Counter
    HTML Counter
    free counters

    Followers