• Banyak alasan untuk percaya masa depan akan lebih baik. Fight!

    PMDK Politeknik Negeri Bandung (POLBAN) 2011



    TUJUAN
    Tujuan dari penerimaan mahasiswa baru melalui jalur PMDK ini adalah sbb:
    • Untuk menjaring calon mahasiswa yang berprestasi akademik dan mempunyai minat yang sesuai;
    • Meningkatkan kesamaan / kesetaraan kesempatan bagi siswa berprestasi terbaik disekolahnya dari seluruh sekolah di Indonesia;
    • Memberikan kesempatan studi bagi calon mahasiswa yang mempunyai minat dan kemampuan akademik dan memperoleh/berprestasi di bidang akademik/kurikuler, ko-kurikuler dan ekstra kurikuler minimal ditingkat Kabupaten/Kota.

    PENJELASAN UMUM
    1. Yang berhak mendaftarkan diri adalah siswa kelas XII yang memiliki peringkat 10 terbaik pada semester 5 di kelasnya yang dinyatakan oleh kepala sekolah.
    2. Setiap siswa hanya dibolehkan mengajukan SATU PILIHAN program studi.
    3. Pendaftaran harus dilakukan secara KOLEKTIF oleh Pihak Sekolah yang bersangkutan dengan cara mengirimkan berkas pendaftaran dengan surat pengantar dari kepala sekolah disertai daftar rekapitulasi peserta sesuai formulir terlampir melalui pos atau diantar langsung ke Panitia PMDK POLBAN dengan alamat Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) POLBAN, Jl. Gegerkalong Hilir, Desa Ciwaruga, Kotak Pos 1234 Bandung 40012, Telp. 022-2013789, Fax 022-2013889.
    4. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 125.000,- (seratus dua puluh lima ribu rupiah) per calon dan disetorkan langsung ke rekening Polban di Bank Tabungan Negara (BTN) atas nama Direktur Politeknik Negeri Bandung dengan nomor rekening 00085-01-30-000006-9, copy bukti setoran dilampirkan, (bisa juga disetor melalui Kantor Pos terdekat (mitra BTN)).
    5. Khusus bagi peserta PMDK jalur Bidik Misi tidak dikenakan biaya pendaftaran.

    PERSYARATAN ADMINISTRASI (PMDK AK)
    1. Mengisi Formulir Pendaftaran PMDK dan ditandatangani (formulir dapat diunduh di http://www.polban.ac.id dan http://smb.polban.ac.id)
    2. Foto copy Laporan Prestasi Belajar semester 1 s.d. 5 yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah.
    3. Pas foto terbaru berwarna ukuran 4x6 cm sebanyak 2 lembar.
    4. Foto copy Akte Kelahiran atau Surat Kenal Lahir.
    5. Surat Keterangan Kesehatan dari Dokter (asli).
    6. Foto copy bukt i transfer pembayaran biaya pendaftaran.
    7. Surat Pernyataan dari Orang Tua / Wali.
    8. Memenuhi syarat khusus yang ditetapkan program studi yang dipilih.
    9. Tidak sedang mengikuti seleksi PMDK pada perguruan tinggi yang lain (pernyataan tertulis).
    10. Foto copy Sertifikat atau piagam penghargaan kegiatan akademik/kurikuler, ko-kurikuler dan ekstrakurikuler, melalui pernyataan Kepala Sekolah atau Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
    11. Surat Rekomendasi peringkat dari kepala Sekolah.
    12. Kelengkapan berkas di atas dimasukan dalam Map warna Kuning untuk Bidang Rekayasa atau Map warna Merah untuk Bidang Tata Niaga dengan mencantumkan kode AK di sudut kanan atas.

    PERSYARATAN KHUSUS
    1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2011.
    2. Peserta yang berasal dari SMA/MA jurusan IPA dapat memilih hanya salah satu dari program studi Bidang Rekayasa atau salah satu program studi Bidang Tata Niaga.
    3. Peserta yang berasal dari SMA/MA jurusan IPS, Bahasa dapat memilih hanya salah satu Program Studi Bidang Tata Niaga.
    4. Peserta yang berasal dari SMK dan MAK hanya diperkenankan memilih satu Program Studi yang sesuai dengan rumpun jurusannya (Bidang/Program Keahlian) di SMK/MAK (lihat tabel 1).
    5. Untuk yang memilih program studi Bahasa Inggris memenuhi persyaratan mempunyai nilai Bahasa Inggris dari semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) dengan nilai minimal 7 (tujuh).
    6. Untuk yang memilih program studi Teknik Mesin, Aeronautika, Teknik Pendingin dan Tata Udara, Teknik Elektronika, Teknik Listrik, Teknik Telekomunikasi, Teknik Kimia, Analis Kimia, Teknik Informatika, Teknik Telekomunikasi (D4), Teknik Elektronika (D4), Teknik Kimia Produksi Bersih (D4), Teknik Informatika (D4), Teknik Perancangan dan Konstruksi Mesin (D4), Teknik Otomasi Industri (D4) dan Teknik Pendingin dan Tata Udara (D4) harus menyertakan Surat Keterangan Bebas Buta Warna dari Dokter yang masih berlaku (maks. 3 bulan sejak tanggal pemeriksaan dokter).

    JADWAL PELAKSANAAN
    • Pendaftaran : Pendaftaran diterima paling lambat tanggal 3 Mei 2011 (cap POS).
    • Pengumuman : Hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur PMDK akan diumumkan pada tanggal 25 Mei 2011 (diumumkan melalui website Polban dan akan dikirim dan dipanggil secara tertulis kepada yang lulus melalui sekolah masing-masing).
    • Pendaftaran Ulang : bagi siswa yang dinyatakan lulus seleksi diwajibkan mendaftar ulang mulai tanggal 31 Mei 2011 (jadwal akan disampaikan kemudian bersamaan dengan pengumuman).

    PERKULIAHAN DAN BIAYA
    Persyaratan Pendaftaran ulang (Registrasi) sebagai Mahasiswa Baru perlu disiapkan :
    1. Membawa Laporan Hasil Belajar asli, Ijazah/Surat Keterangan Lulus asli dan 2 lembar foto copy yang telah dilegalisir.
    2. Melunasi biaya pendidikan untuk tahun pertama berupa :

    1) Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) sebesar :
    - Program studi Diploma III Rekayasa Rp. 2.700.000,- per semester.
    - Program studi Diploma III Tata Niaga Rp. 2.400.000,- per semester.
    - Program studi Diploma IV Rekayasa Rp. 3.500.000,- per semester.
    - Program studi Diploma IV Tata Niaga Rp. 3.200.000,- per semester.

    2) Uang Perlengkapan Kuliah (satu kali) untuk : Pakaian Kerja (untuk Rekayasa) / Pakaian Seragam (untuk Tata Niaga); KTM/ATM; PPKK (Program Pengenalan Kehidupan Kampus); Ikatan Orang Tua Mahasiswa (IOM); Pengenalan Komputer dan Internet; Tes Kemampuan Bahasa Asing; Jas Almamater; Program Kreatifitas dan Kompetisi Mahasiswa; Internet; Perpustakaan Pusat dan Jurusan; Iuran Kegiatan Mahasiswa; Pelayanan Kesehatan, dan Latihan Dasar Kedisiplinan, maksimal sebesar Rp. 2.100.000,-.

    3) Sumbangan Dana Pembangunan (SDP) satu kali, sebesar :
    - Untuk Program Diploma III Rekayasa, minimal Rp. 2.500.000,-
    - Untuk Program Diploma III Tata Niaga, minimal Rp. 2.000.000,-
    - Untuk Program Diploma IV Rekayasa, minimal Rp. 5.000.000,-
    - Untuk Program Diploma IV Tata Niaga, minimal Rp. 3.500.000,-

    Untuk Syarat dan Ketentuan PMDK, Form PMDK AK, Form PMDK BM dapat didownload di link-link berikut ini :


    31 comments:

    1. Hallo Polban.. aku mau nanya nih gimana cara buat yang udah lulus D3(dari perguruan tinggi lain) trus mau lanjut ke D4 di Polban??syarat-syarat apa saja yang harus dipenuhi??oh iya boleh dong minta alamat kampusnya??

      ReplyDelete
    2. @INDI : Hallo... wah kalo melanjutkan gitu saya kurang tau ya... mungkin bisa coba langsung datang kekampus saja untuk menanyakan atau hubungi by phone atau email... contact polban dan alamat bisa diliat disini http://www.polban.ac.id/index.php/kontak ...
      thanks ya udah mampir :)

      ReplyDelete
    3. wahh..
      blognya keren!
      aku follow ya..
      follow balik kalo ada waktu

      ReplyDelete
    4. @ Geafry Necolsen : thanks bro :D
      thanks juga udah mampir.. follow balik...

      ReplyDelete
    5. apaaan pmdk polban rese banget, pngumuman tgl 25 mei dan tidak boleh mengikuti SELEKSI PMDK PADA PERGURUAN TINGGI LAIN, tapi kenyataannya pengumuman diundur jd tanggal 03 mei karena polban membuka kesempatan buat siswa yg gagal di JALUR UNDANGAN itu membuat saya kecewa :((
      pada tanggal 03 mei pengumuman kelulusan diUNDUR menjadi tanggal 07 juni karena alasan cuti bersama. apa hubungannya cuti bersama dengan pengumuman kelulusan? apabila ingin meliburkan diri, pengumuman bisa diumumkan maksimal 2 hari dari hari libur...
      ga konsisten banget.
      nb : maaf apabila kritik yang saya berikan menyinggung, ini saya kritik karena saya kesal dan kecewa :(

      ReplyDelete
    6. 03 juni maksudnya bukan 03 mei
      maaf salah ketik

      ReplyDelete
    7. Asswrwb,Mohon info pengumuman PMDK POLBAN?dimana bisa diaksesnya?Tank

      M Eggy Januarizqi,Teknik Elektro,SMK 4 Bandung

      ReplyDelete
    8. buat temen-temen yang sedang nunggu pengumuman PMDK Polban.. silahkan buka http://haritsthinkso.blogspot.com/2011/06/pengumuman-pmdk-politeknik-negeri.html nanti ada link buat liat pengumumannya, atau juga bisa mengunduh pdfnya. Terima Kasih :)

      ReplyDelete
    9. @ chiiey srii echy : saya menghargai kritik dan sarannya, tapi coba kirimkan saran dan kritiknya melalui web Polban (www.polban.ac.id) agar bisa langsung didengar oleh pihak kampus. Sehingga, apa yang menjadi kekurangan di tahun sekarang tidak lagi terjadi di tahun depan. Karena saya cuma mahasiswa, tidak ada kaitannya dgn keputusan pihak kampus mengenai PMDK tersebut :D
      terima kasih... sukses terus ya :)

      @ M Eggy Januarizqi : untuk pengumuman PMDK, silahkan lihat di postingan saya disini http://haritsthinkso.blogspot.com/2011/06/pengumuman-pmdk-politeknik-negeri.html, nanti bisa langsung download file pdfnya...
      terima kasih.. sukses terus :)

      ReplyDelete
    10. hasil pengumuman cadangan D4-Teknik Telekomunikasi posisi no.2 & 22 ...kok sama banget..!yg bener yg mana nich ? please konfirm sm kita nich...

      ReplyDelete
    11. @ Anonim : slahkan tanyakan langsung ke pihak kampus. Bisa via email atau telepon, tapi saran saya datang saja langsung ke kampus agar segera diberikan kejelasan. Karena saya cuma mahasiswa, tidak tau menau soal pengumuman tersebut...
      thanks :)

      ReplyDelete
    12. misi mw nanya , punya soal-soal smb polban yg taun 2010 ga ?? kalo ada minta dong ..
      thx sblumnya
      share ke sini aja
      bom_bim_bem@yahoo.com

      ReplyDelete
    13. @ Anonim : sorry, saya ga punya.. tapi yang jelas soalnya tidak lebih susah dari soal SNMPTN.. Asal sering latihan pasti bisa mengerjakannya :)

      ReplyDelete
    14. gan , peluang yg lulus cadangan urutan ke 4 gmn ni ? msh ada harepan ga ??

      ReplyDelete
    15. @ Anonim : banyak berdoa aja gan, harapan selalu ada.. dari yang saya tau taun2 kmrn, ada prodi yang sampe cadangan 9 yang masuk, ada juga prodi yg cuma cadangan 2 yang masuk.. sekali lagi banyak berdoa aja, dan pantengin terus telp, hp atau email barangkali pihak Polban menghubungi... sukses gan :)

      ReplyDelete
    16. Masuk Teknik Informatika D4 lewat PMDK Bidik Misi sulit gak???

      ReplyDelete
    17. @ Adi : Kalo masalah sulit atau engga sih relatifnya ya.. selama kita bisa bersaing, akan mudah mudah saja.. yang jelas persaingan dibidik misi itu lumayan ketat dibanding smb..

      ReplyDelete
    18. buat tahun depan jalur PMDK masih peringkat 10 besar tidak ? ;;)

      ReplyDelete
    19. @ opie damayanti : Kemungkinan besar iya, karena persyaratan itu turun temurun dari taun ke taun..

      ReplyDelete
    20. Coy upload dong soal-soal smb Polban, biar ku dapat belajar

      ReplyDelete
    21. kalo yg jalur pmdk mesti yg peringkat ke 10 besar ya?

      ReplyDelete
    22. @ Anonim : Maaf saya ga punya soalnya. Kalo emang mau belajar, banyak soal2 latihan di internet atau toko buku. Menurut saya soal SMB Polban relatif lebih mudah dibanding SNMPTN.

      @ Anonim : ya betul, sudah jelas tertulis sebagai salah satu syaratnya.

      ReplyDelete
    23. klw boleh tau tes soal tesnya kyak gmn..ya??

      ReplyDelete
    24. @ Y.N.W.A : waduh bingung jawabnya kalo ditanya gimana soalnya.. Soalnya standar aja sih, waktu jaman saya masuk (tahun 2008) soalnya itu tidak lebih sulit dari soal SNMPTN..

      ReplyDelete
    25. gan pnya tips2-trik nya ga gan...sol'ny pngen bgt nih msuk polban hehe...:D

      ReplyDelete
    26. @ Y.N.W.A : tips triknya banyak banyak belajar dan berdoa aja gan :D
      sukses buat agan, semoga cita-cita masuk Polbannya terwujud :)

      ReplyDelete
    27. Assalamuallaikum.
      Mau tanya. Kalau pmdk bm untuk taun depan bisa ga yah kalau bukan fress graduate/lulusan taun 2012....?

      ReplyDelete
    28. Selamat siang, mau nanya kalo yang membolehkan buta warna jurusan apa saja ?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Yang non rekayasa setau saya membolehkan buta warna.

        Delete
    29. Maaf mau nanya kak, itu harus masuk rank 10 besar ya?

      ReplyDelete
      Replies
      1. min, bantu jawab ya. gak harus kok. saya alhamdulillah lulus pmdk 2017 nih. padahal waktu smk ga pernah masuk 10 besar. nilai perasaan biasa aja. ga tau juga sistem seleksi pmdk polban kaya gimana. tapi kalo di prodi saya (tata niaga), pas saya tanya yang lolos pmdk itu hampir semua anak smk (termasuk saya).

        Delete

    Salam blogger...

     

    Blog Status

    Free Hit Counter
    HTML Counter
    free counters

    Followers