• Banyak alasan untuk percaya masa depan akan lebih baik. Fight!

[Weekend Trip] Gunung Papandayan, Pendakian Ceria

Adzan subuh berkumandang ketika rombongan camping ceria tiba di terminal Guntur Garut. Tak ramai memang terminal ini di pagi hari, namun hiruk pikuk terminal sudah bergeliat, terutama bagi para supir angkot yang akan mengantar para pendaki Papandayan ke checkpoint Simpang Cisurupan. Subuh itu sudah banyak pendaki yang bersiap mengawali pendakian. Namun, kita lebih memilih untuk beristirahat sejenak di masjid yang terletak di seberang terminal.
    Setelah matahari menampakkan batang hidungnya, barulah kita semua bersiap, yap bersiap nyari sarapan, biar selalu ceria bro. Lumayan lah perut keisi sepiring kupat tahu buat bekal energi sampe di puncak Papandayan. Kelar sarapan, barulah perjalanan dimulai :)
    Angkot dari dan menujur terminal Guntur dari Simpang Cisurupan
    Stage pertama, kita naik angkot dari terminal Guntur Garut ke Simpang Cisurupan. Kalo gak salah perorang kena 5rb, tentunya setelah di nego abis-abisan  ama Bang Nanda. Lama perjalanan sekitar 50 menit, yang lebih banyak gue pake buat merem. Tapi gak bisa merem beneran sih, berhubung si sopir yang terus masukin penumpang walau didalem udah semacem pindang yang ada dalem kaleng, yap untung aja benda yang satu ini masih ada rodanya dan berjumlah 4, jadi masih pantes disebut angkot. Mungkin begitu kali ya wajah transportasi negeri ini, keselamatan dan kenyamanan penumpang dinomor terakhirkan.
    Stage kedua, dari Simpang Cisurupan menuju Pos Pendakian menggunakan mobil bak terbuka. Stage ini nih yang gokil, di Simpang Cisurupan kita ditwari harga yang selangit, 120rb kalo gak salah, alesannya karena jauh dan jalan yang dilalui rusak berat. Bang Nanda sang ketua rombongan gak terima begitu aja, berhubung doi udah pernah kesini dan setahun lalu katanya tak semahal itu. Nego 10 menit, 15 menit, dan buntu ternyata bro. Apa yang kita lakukan? yap, kita mulai jalan kaki, hahha jual mahal dan sok kuat banget nih kita. Tapi itu cuma trik aja kok bro, biar nego kita berhasil.
    tolak trasnportasi mahal! jalan kaki lebih sehat :)
    15 menit jalan, tiba-tiba dua mobil ber plat Jakarta, berhenti didepan kita. Siapakan mereka? Wow, ternyata mereka adalah temen Bang Nanda dan Bang Hasran. Gokil, dunia emang sempit bro. Alhasil sebagian carrier kita dititipkan di mobil itu, dan nanti katanya mobil itu bakal turun lagi jemput kita, mantap! Gak sia-sia udah jalan dan jual mahal ama para sopir mobil bak terbuka di Simpang Cisurupan tadi.
    Daripada bengong nunggu, kita memutuskan untuk tetep naik jalan santai menelusuri jalan. 15 menit, 30 menit, 45 menit, buset dah mobil jemputan gak kunjung datang. Yang dateng malah mobil bak terbuka dan sopirnya yang mencoba menggoda kita untuk naik, tentunya dengan penawaran yang sudah turun dibanding tawaran dibawah tadi, tapi kita tetep jual mahal dong :)
    Udah nunggu ampe kering, dan kebetulan ada mobil bak terbuka yang lewat mau turun, akhirnya kita jual murah. Stop mobil itu dan nego minta dianter keatas, akhirnya deal dengan harga 50rb kalo gak salah. Dan ternyata emang masih jauh bro buat sampe pos, terlebih jalan yang dilalui emang rusak parah. Beruntung kita ketemu mobil ini, yang sepertinya gak tau drama negoisasi kita pas dibawah, hehe.
    Setelah sekitar 30 menit terguncang-guncang dalam mobil, kita sampai di pos pendakian, hal pertama yang gw lakukan adalah foto-foto sekeliling :)
    pemandangan dari pos pendakian
    Setelah melapor untuk mendaki, breafing, berdoa, dan pendakian sesungguhnya dimulai, checkpoint kita selanjutnya adalah Pondok Selada. Baru sekitar 15 menit jalan, kita langsung disuguhi pemandangan menawan dari kawah papandayan. Biar tetep ceria, foto-foto dulu pastinya :)
    pemandangan menuju Pondok Selada
    Biar waktu tempuh yang lebih cepat, setelah kawah-kawah ini kita memutuskan untuk melewati jalur naik, katanya sih jalur baru dan berbahaya, tidak memutar lewat jalur yang umum untuk mencapai Pondok Selada. Dan benar saja, jalur yang yang dilalui cukup curam dan berbatu yang lepas, harus ekstra hati-hati buat melaluinya kalau tidak ingin terperosok. Di puncak jalur ini, yang ternyata adalah hutan mati, kita beristirahat sejenak sambil makan siang yang kita beli diwarung pos pendakian.
    maksi dulu bro
    pemandangan dari ujung hutan mati
    hutan mati..

cerita sebelumnya disini ya bro.

1 comments:

1. You’re likely to discover any kind of regarded as one of these simple fashionable purse designs chanel replica. Erina Kors purses are extremely useful add-ons in order to anyone’s clothing and therefore are well-liked in most celebration. Erina Kors purses include a variety of designs and styles. Keep in mind, check out the actual product sales from first class on the internet pattern retailers as well as examine the truly amazing trendy purses based on superstar designs. Something is for certain around the look from the purse: just about all genuine erina kors totes tend to be possibly replica chanel. Just about all erina kors dark bagprovide the individual person a feeling associated with originality as well as design. To purchase an inexpensive erina kors purse cost will end up an important thing to consider in order to plenty of ladies. The actual purses tend to be reliable as well as affordable, and also the amazing workmanship associated with Indonesian chanel replica can make all of them extremely appealing within the pattern mankind. If you're soaked up within matters the erina kors on the internet purse ought to accede taking precise acclimated purses on the internet. From the online shop, all of us take a professional option associated with precise acclimated purses from inexpensive costs. As well as all of us guarantee the actual top quality. Along with precise erina kors electric outlet shop gansevoort the barter cut costs, obtain the appears these people replica hublot watches and may end up being abiding which their own accoutrements tend to be completely genuine. Self-confidence in fact is actually real essential because is actually dependability. After that what exactly are a person hesitating. It's a wish associated with just about everyone, particularly ladies to possess the custom purse. Nevertheless, for many associated with replcia chanel, these types of totes simply price an excessive amount of. Anyone who has cash to invest upon these types of entertainment are able to purchase this kind of replica rolex.