• Banyak alasan untuk percaya masa depan akan lebih baik. Fight!

    [Weekend Trip] Sehari Menjelajah Kuningan dan Jalan-Jalan Malam di Cirebon


    Cerita sebelumnya disini

    Day 2
    Hari kedua di Cirebon, kita berencana untuk berwisata ke daerah Kuningan. Lokasi pertama yang kita kunjungi adalah Museum Linggarjati, yang sejarahnya jago pasti tau museum ini :D Ya layaknya sebuah museum sejarah, museum Linggarjati ini meyimpan benda-benda yang dulu digunakan oleh para delegasi dari Indonesia dan Belanda pada saat perundingan Linggarjati, seperti kursi dan meja perundingan, lemari, tempat tidur, dan yang paling mencolok adalah gedung museum itu sendiri, yang memang masih asli, baik interior maupun eksterior, sejak perundingan Linggarjati pada tahun 1946. Selain itu, dipajang juga foto-foto para delegasi dan suasana ketika perundingan berlangsung. Bagi yang suka sejarah, cocok banget buat dateng kesini, dan berhubung rombongan kita sedikit tidak menyukai sejarah, maka liat-liat sebentar dan langsung foto-foto diluar gedung. Viewnya keren bro, belakang gedung ini berdiri dengan gagahnya gunung Ciremai, gunung tertinggi di Jawa Barat. Oya, bagi yang mau kesini, gue saranin datang pagi, karena udaranya yang masih sejuk dan gak terlalu panas, juga pengunjung yang datang belum terlalu banyak, siang sedikit siap-siap museum ini diserbu para pelajar SD-SMP yang ingin belajar sejarah sambil jalan-jalan. Untuk masuk museum ini kita hanya dikenakan biaya Rp 2000.
    Berhubung si Bagus yang ngebet banget foto slow speed air terjun sampe-sampe diniatin bawa tripod dari Jakarta, maka destinasi selanjutnya adalah kawasan Palutungan, tepatnya Curug Putri. Palutungan ini berjarak kurang lebih 10 km dari Kuningan kota. View menuju Palutungan ini cukup bagus, kanan kiri banyak kebun sayur, dan di kejauhan tampak Kuningan kota bahkan terlihat juga sebuah waduk, yang gue duga sih waduk Dharma.
    Diperjalanan menuju Palutungan ini, tepatnya di daerah Cigugur, kita mampir dulu di kedai penjualan susu segar, Lumer Fresh Milk namanya. Pas banget nih siang siang minum susu dingin :D harga susu disini bervariasi tergantung jenisnya, waktu itu kita beli susu berbagai rasa yang harganya Rp 8000 an kalo gak salah.
    Untuk masuk kawasan Palutungan ini kita hanya dikenakan biaya Rp 5000 /orang. Suasana pegunungan kental sekali terasa disini karena memang terletak pada ketinggian 1100 mdpl. Selain curug putri, kawasan Palutungan ini juga merupakan bumi perkemahan serta salah satu pintu gerbang untuk mendaki gunung Ciremai.
    Setelah puas photo session :D Saatnya turun gunung menuju Kuningan kota. Tujuan kita kesana adalah memanjakan perut, yes walau gatau mesti makan apa dan dimana, yang penting makaaan :)
    Mampir bentar di Masjid Raya Kuningan, googling-googling, tanya-tanya  temen yang orang Kuningan. Fix deh, kita berburu 'Hucap' aka tahu kecap, yang katanya makanan khas Kuningan. Dan katanya hucap yang recommended ada di seberang mesjid Raya Kuningan, posisinya agak nyempil di pojokan deket pos polisi dan di bawah pohon beringin yang rindang.
    Penampakan Hucap ala Kota Kuningan
    Selesai menyantap hucap, tujuan selanjutnya adalah daerah Sangkanhurip, yap kita nyari air panas buat sekedar berendam dan melepas lelah. Masuklah kita ke salah satu hotel yang menyediakan kolam air panas. Sejam dua jam, gak berasa bro, tiba-tiba udah sore aja dan artinya saatnya buat kita balik ke homestay buat persiapan Jalan-jalan malam di Kota Cirebon.

    Jalan-jalan Malam di Kota Cirebon
    Jalan-jalan ini kita awali dari masjid Raya Cirebon yang berada di jalan RA Kartini.

    5 comments:

    1. kebayang susahnya cari si hucap itu. ayo dilanjut lagi postingnya ma bro.

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya nih, lagi males nulis to the max.. wkwkwk

        Delete
    2. The third episode on the disc, the main rolex submariner replica character Sakura, has finally join the Flower Division, and being a new girl she has trouble getting along with the group, and everyone, except for Sumire, is trying their earnest to louis vuitton outlet make her feel more accepted. But the enemy begin their assault on the city and Sakura realise that in order to be accepted she mustn't shy away from the challenge.

      ReplyDelete
    3. Excellent goods from you, gentlemale. I’ve perceive your stuff past to and you’re simply extremely wonderful.

      ReplyDelete
    4. waktu main ke cirebon cuma jalan ke goa sunyaragi sama ke keraton , kalo kulineran paling ke nasi jamblang sama tahu petis. yg ngangeninnya itu nasi jamblangnya beuhhh itu pepes ayam sama pepes jamur ngangenin banget haha. bagus nih artikelnya , sukses terus ya .
      kalo misalkan butuh info tmpt wisata liat disini aja Info Travelling siapa tau berguna. makasih

      ReplyDelete

    Salam blogger...

     

    Blog Status

    Free Hit Counter
    HTML Counter
    free counters

    Followers